Jumat, 03 Januari 2014

Ini Dia 5 Kota Tersehat Sedunia


Apa yang membuat sebuah kota menjadi sehat? Ada berbagai faktor yang dibutuhkan, mulai dari ketersedian fasilitas kesehatan yang memadai, angka harapan hidup yang tinggi, hingga komitmen untuk meningkatkan akses ke ruang hijau. Dari seluruh dunia, ada lima kota yang dinobatkan sebagai kota tersehat di dunia.

Diambil dari sejumlah daftar dalam publikasi The Guardian dan The Economist tentang kota-kota tersehat di dunia, berikut lima kota dengan peringkat teratas, seperti dilansir BBC, Kamis (2/1/2014):

 1. Singapura

Singapura memiliki dua faktor kota sehat, yakni angka kematian bayi terendah dan harapan hidup tertinggi di dunia, yakni 84,07 tahun. Sistem perawatan kesehatan di Singapura juga dinilai paling efisieb di seluruh dunia, hingga 80 persen penduduk menggunakan sistem kesehatan masyarakat dengan beberapa tingkatan harga yang berbeda.

Secara keseluruhan, Singapura merupakan salah satu kota terbersih di dunia, dengan hukum yang ketat melarang meludah dan buang sampah sembarangan. Pemerintah pun berhasil menurunkan tingkat kemacetan.

Menamakan dirinya Garden City, ada puluhan taman, kebun dan jalur gunung di sekitar pulau. Untuk pengendara sepeda, pelari dan pejalan kaki, Park Connector Network terdiri lebih dari 200 km jalur yang menghubungkan taman lokal dan ruang hijau.

 2. Tokyo

Dengan salah satu sistem angkutan paling efisien di dunia, yang melayani mobilitas sekitar tiga juta orang per hari di wilayah metropolitan yang lebih besar, emisi gas rumah kaca Tokyo lebih rendah daripada kebanyakan kota-kota Asia lainnya.

Menurut Bank Dunia, keluaran CO2 per kapita Tokyo adalah 4,89 ton, sementara Beijing adalah 10,8 ton dan Singapura adalah 7,86 ton. Dengan proses bangkit dari tsunami tahun 2011, bencana reaktor Fukushima yang telah menyebabkan kekhawatiran, namun pemerintah mengklaim tingkat radiasi tetap aman.

Dalam peringkat The Guardian tahun 2012, Tokyo berada di posisi teratas sebagai kota sehat kedua di dunia, dengan harapan hidup di ibukota Jepang merupakan salah satu yang tertinggi, yakni 84,19 tahun.


 3. Perth

Masuk peringkat 10 besar sebagai kota paling layak huni tahun 2013 berdasarkan the Economist Intelligence Unit (EIU), Perth juga merupakan salah satu kota tersehat di Australia untuk perempuan. Peringkat EIU didasarkan pada lima kriteria, yaitu stabilitas, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan budaya, serta lingkungan. Dan menurut majalah Australian Women’s Health, Perth berada di daftar posisi atas untuk kebiasaan makan sehat, kesejahteraan mental, kepuasan hidup dan kesehatan medis.

Antara 1998 dan 2009, jumlah pesepeda di Perth meningkat sebesar 450%. Dan Transperth, sistem transit kota, telah dipasangi penampungan sepeda di banyak stasiun, sehingga penumpang kereta pun bisa mengunci sepedanya dengan aman.

Iklim yang hangat dan dekat pantai Samudra Hindia berarti penduduk memiliki akses ke banyak kegiatan di luar ruangan dan olahraga, dan pada Oktober 2013, badan-badan kesehatan pemerintah meluncurkan Public Open Space Tool untuk umum untuk memungkinkan warga Perth untuk mencari taman dan fasilitas di dekat mereka.

 4. Copenhagen

Ibukota Denmark ini berada di puncak daftar kesehatan global karena budaya bersepeda dan penurunan besar dalam emisi CO2 selama dekade terakhir. Emisi gas rumah kaca turun 20 persen sejak tahun 2005.

Setiap hari 50 persen dari penduduk Copenhageners pergi bekerja atau sekolah dengan sepeda, dan ada hampir 400 km jalur sepeda di seluruh kota. Jalur yang melintasi Dronning Louises Bridge, yang menghubungkan lingkungan Nørrebro yang ramai ke pusat kota, adalah jalur sepeda tersibuk di dunia, dengan 36.000 pesepeda menggunakannya setiap hari.

 5. Monaco

Monaco adalah kerajaan kecil di French Riviera sekitar 15 km dari Nice. Ini adalah negara paling padat penduduk di dunia dan memiliki harapan hidup tertinggi, yaitu 89,6 tahun. Monaco juga menempati posisi 13 sebagai kota tersehat dunia versi WHO di tahun 2000.

Pangeran Albert II dari Monaco Foundation telah meluncurkan sejumlah inisiatif hijau, termasuk carbon offsets untuk konferensi yang diadakan di hotel Monaco, dan badan-badan pemerintah daerah yang menggunakan armada mobil listrik pintar.


Sumber: http://health.detik.com/read/2014/01/02/165631/2456919/763/ini-dia-5-kota-tersehat-sedunia?l991101755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar